Senin, 17 Desember 2012

pemikiran mahatma gandhi


Hasil Diskusi PA-A/ 3
Topik 13
Pemikiran Mahatma Gandi dan Sumbanganya Terhadap Agama Hindu.
Pemakalah : Herman Teguh Irawan
Notulen : Mylinda Chairunissa
Moderator : Ahmad Sobiyanto
Diperesentasikan pada kamis, 13 Desember 2012
Dosen : Ibu Siti Nadroh





Prodi Perbandingan Agama
Fakultas Ushuluddin
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2012
  1. Penanya (Faur) : Jelaskan secara rinci tentang Mohandas?
Jawab (Herman) : Mohandas adalah nama lengkap dari Mahatma Gandi. Sejarah setelah Mahatma gandi menikah dengan istrinya dan kemudian dia berpisah dengan istrinya. Setelah dia berpisah Mohandas pindah ke London untuk mengadakan pelatihan menjdai seorang pengacara.

  1. Penanya (Faur) : Gandi adalah seorang jainisme tapi dalm makalah dijelaskan Agama Hindu? Jadi apa yang sebenarnya dianut Gandi?
Jawab (Herman) : Agama Mahatma Gandi sebenarnya adalah Hindu tetapi dalam pemikirannya Gandi cara berfikirnya seperti ajaran Jainisme yaitu vegetarian tidak memakan daging dan tidak mau nenyakiti seorangpun. 
Tambahan Syafik : pengaruh gandi terhadap Hindu tidak menonjol, lebih menonjol terhadap pembebasan orang-orang India terhadap perbedaan kasta antra kulit putih dengan kulit Hitam.  Gandi mempunyai adanya interaksi antar ajaran Agama yang lain tanpa meninggalkan ajaran Agamanya yaitu Hindu. Pengaruh pemikiran Gandi adalah karena adanya interaksi antar umat beragama lain, seperti sosial, polotik dan agama.

  1. Penanya (Erik) : Memihak kemanakah Mahatma Gandi?
Jawab (Herman) : Gandi memisahkan dua negara yaitu India (Hindu) dan Pakistan (Islam). Gandi ingin memerdekakan negaranya dengan cara atau upayanya sendiri agar terlepas dari penjajahan Inggris, dia percaya bahwa semua hidup rukun, damai tanpa kekerasan. Harapan gandi yaitu bagaimana umat Hindu dan Islam bersatu. Mahatma gandi memihak kepada perdamayan dan dia tidak memihak kepada Hindu ataupun Islam.

  1. Penanya (Sapril) : Apa peran penting Mahatma Gandi dalam Perang dunia 1?
Jawab (Herma) : Raja Muda mengundang Gandi untuk mendukung dan membantunya dalam kemerdekaan dan membebaskan India, Gandi membantunya dalam merekrut pasukan perang atau pejuang dan menuliskan sutu catatan.

  1. Penanya (Hisqil) : Apa Kaitannya jiwa individu dan jiwa yang universal seperti apa menurut Mahatma Gandi?
Jawab (Herman) : Menurut Gandi jiwa individu dengan jiwa universal akan menjadi satu. Ketika kita mencapai titik kesadaran yang tinggi maka maka akan mencapai kelepasan.
Tambahan (Syafik) : Gandi ingin orang India mencapai kelepasan (moksa) dan konteks jiwa individu dengan jiwa universal akan menjadi satu kemudian akan mencapai kelepasan. Kebenaran adalah harus bersifat nampak, kebenaran bersatu dengan Tuhan tidak hanya fisik dan metafisik.

  1. Penanya (Ulil) : Apa latar belakang Mahatma Gandi dibunuh oleh pemuda yang beragama Hindu?
Jawab (Herman) : Latar belakang kenapa Mahatma Gandi dibunuh karena wilayah kekuasaan orang Hindu telah terpecah antara India (Hindu) dan Pakistan (Islam) orang Hindu menyangka atau memandang bahwa Mahatma Gandi berpihak kepada Islam, padahal Mahatma gandi berpihak pada kebenaran.

  1. Penanya (Helmi) : Siapakah Mahatma Gandi itu??
Jawab (Herman) : Mahatma gandi adalah seorang aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, yang menyungsung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstari damai. Gandi adalah seorang yang paling penting yang terlibat dalam gerakan kemerdekaan India.
Tambahan (Sobi) : Mahatma Gandi adalah seorang tokoh politik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar